Sabtu, 13 Maret 2010

Pandeglang BERBENAH Hadapi Penilaian Adipura 2010


Menghadapi kunjungan tim penilai Adipura 2010, Kabupaten Pandeglang terus melakukan pembenahan. Pembenahan digiatkan berdasarkan masukan tim penilai yang sebelumnya telah melakukan penilaian tahap pertama.  Pada penilaian pertama atau tahap persiapan Tim Pemantau mempelajari daftar isian yang dikirimkan oleh Bupati Pandeglang, serta menyusun ringkasan informasi awal.

Berdasarkan hasil penilaian awal sementara ini Kabupaten Pandeglang sudah memperoleh angka 64,38 diatas Kabupaten Serang dengan nilai 63,77. Namun masih dibawah Kabupaten Lebak yang telah menembus angka 66,63 dan Tangsel 69,00.  Sementara standar penilaian penerima Piala Adipura di suatu kota/kabupaten, biasa berada di level 73 dengan total penilaiannya 98. Kendati demikian masih ada harapan untuk meningkatkan nilai yang diraih jika semua pihak bekerja keras untuk BERBENAH, karena penilaian ini sifatnya dapat berubah sewaktu-waktu.

Daftar lokasi yang akan dipantau dan terus harus dibenahi meliputi: 10 parameter yaitu; Perumahan (Menengah dan Sederhana) dan Pasang Surut.  Sarana Kota meliputi 1. Jalan Arteri & Kolektor, 2. Pasar, 3. Pertokoan, 4. Perkantoran, 5. Sekolah, 6. Rumah Sakit & Puskesmas, 7. Taman Kota, dan 8. Hutan Kota.  Sarana Transportasi yang dinilai diantaranya adalah 1. Terminal, 2. Stasiun Kereta Api dan 3. Pelabuhan. Perairan Terbuka seperti 1. Sungai, Danau, Situ & Saluran Terbuka.  Sarana Kebersihan juga dinilai yakni 1. Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dan 2. Pemanfaatan Sampah. Begitupun Pantai Wisata

Rencananya bulan Maret ini Tim penilai Adipura tahap II akan berkunjung ke Kabupaten Pandeglang yang masuk sebagai kategori kota sedang.  Peringkat yang digunakan berdasarkan PERATURAN MENTERI NEGARA LINGKUNGAN HIDUP NOMOR : 14 TAHUN 2006 TENTANG PEDOMAN PELAKSANAAN PROGRAM ADIPURA MENTERI NEGARA LINGKUNGAN HIDUP, yakni kategori kota metropolitan, kota besar, kota sedang, dan kota kecil berdasarkan jumlah penduduk. Selengkapnya klik http://www.menlh.go.id/adipura/peraturan/permen_no14_th2006_ttg_pedoman_pelaksaan_program_adipura.pdf

Di masa lalu, Pandeglang pernah meraih Adipura. Hal itu terlihat dari tugu monument Adipura berdiri kokoh di Alun-alun Berkah Kota Pandeglang. Begitupun pada tahun 2005/2006, berdasarkan hasil penelusuran di Web Site http://www.bapedalbanten.go.id/i/art/pdf_1146126557.pdf  Kabupaten Pandeglang pernah mendapat nominasi untuk meraih Adipura kembali, namun saat itu sepertinya Pandeglang belum berhasil meraih Adipura untuk yang kedua kalinya.

Akankan tahun ini Pandeglang mampu meraihnya kembali. Hanya waktu dan kesempatan yang akan menjawabnya.

Penghargaan Adipura yang merupakan salah kebanggaan daerah ini memiliki dua kriteria pokok, yakni Indikator kondisi fisik lingkungan perkotaan dalam hal kebersihan dan keteduhan kota, serta Indikator pengelolaan lingkungan perkotaan (non-fisik), yang meliputi institusi, manajemen, dan daya tanggap.

Penyerahan penghargaan Adipura setiap tahun biasanya akan diserahkan kepada kabupaten/kota terbaik bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia, 6 Juni 2010 di Istana Presiden Jakarta.

1 komentar: