Minggu, 14 Maret 2010

HAKLI Imbau Warga Tidak Membakar Sampah


WARGA Pandeglang diminta untuk melakukan pemisahan sampah organik serta anorganik. Warga masyarakat  juga diimbau tidak membakar sampah. Peringatan sekaligus himbauan tersebut disampaikan Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) Kabupaten Pandeglang untuk menjaga reputasi, karena sangat berpengaruh terhadap penilaian Adipura yang bakal digelar di Pandeglang dalam waktu dekat.

Pada bulan Maret ini Tim Penilai Adipura akan memasuki  Kota Santri.  Artinya penailaian sudah berlangsung, makanya kita harus berbenah.

Berdasarkan pengamatan di lapangan, saat ini seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang terkait penilaian Adipura sedang terus BERBENAH. Namun sepertinya, gaung Adipura belum sepenuhnya diikuti oleh gerakan masyarakat. Untuk itu, Pemkab Pandeglang  harus bekerja keras untuk meraih Adipura. Menjelang penilaian Pandeglang masih mempunyai kesempatan untuk memperbaiki nilai agar memperoleh tingkat yang maksimal dari tahun sebelumnya.

HAKLI Pandeglang mengharapkan pada tahun ini, Pemkab Pandeglang lebih tegas dalam mendorong masyarakat memilah sampahnya, dan ingat jangan bakar sampah karena akan menjadi polusi udara.

Bila kedapatan ada masyarakat yang melakukan pembakaran sampah baik di areal tempat pembuangan sampah sementara (TPS) maupun di sekitar lingkungan rumah, maka tim adipura tentu saja tidak akan mentolelir. Tamatlah riwayat Pandeglang untuk meraih Adipura 2010 yang kedua kalinya.

Untuk diketahui Adipura, adalah sebuah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. Adipura diselenggarakan oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup.

Kriteria Adipura terdiri dari 2 indikator pokok: 1) Indikator kondisi fisik lingkungan perkotaan dalam hal kebersihan dan keteduhan kota. 2) Indikator pengelolaan lingkungan perkotaan (non-fisik), yang meliputi institusi, manajemen, dan daya tanggap.

Dalam sejarahnya Penilaian Adipura telah dilaksanakan setiap tahun sejak 1986, kemudian terhenti pada tahun 1998. Program Adipura kembali dicanangkan di Denpasar, Bali pada tanggal 5 Juni 2002, dan berlanjut hingga sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar