Minggu, 11 Oktober 2009

Siapkan Sendiri "Red Box" Anda Jika Terjadi Gempa



KHAWATIR akan terjadi gempa? Mari kita persiapkan diri jika mengalami gempa. Lebih baik kita bersiap-siap dan menyiapkan pertolongan pertama terhadap keadaan darurat yang timbul setelah gempa terjadi. Buatlah alat pertolongan pertama sendiri yang bisa Anda gunakan saat situasi mengharuskan Anda.

Peralatan ini merupakan "red box" Anda yang mengindikasikan keadaan darurat untuk menyimpan obat dan alat - alat kesehatan, sehingga Anda bisa bertahan di dalam rumah, dalam mobil dan di tempat kerja.

Simpanlah peralatan medis Anda dalam sebuah kotak berukuran sedang sehingga bisa dengan mudah Anda bawa dan sebaiknya antiair. Jangan lupa melakukan pemeriksaan berkala untuk mengecek apakah peralatan dan obat Anda masih belum kadaluarsa. Sedikit tips : Jika Anda mempunyai masalah kesehatan yang mengharuskan Anda memakai obat rutin jangan lupa memasukkannya.


- Cairan pencuci luka
- Salep antibiotik
- Sachet kapas alkohol
- Tablet sakit kepala, demam, diare dan obat rutin Anda
- Obat tetes mata untuk iritasi





- Plester coklat untuk menahan kasa
- Kain kasa
- Kapas
- Cotton bud
- Plester untuk luka kecil
- Kain segiempat yang lebar bila sendi cedera
- Tali elastis yang cukup panjang untuk menahan kain

- Buku kecil cara pertolongan pertama
- Gunting kecil
- Pinset
- Termometer
- Sabun cair kecil
- Tissue
- Pelindung mata
- Gelas kertas
- Pisau lipat
- Plastik kecil
- Jarum dan benang
- Tisu basah
- Tali untuk mengikat

Jangan lupa untuk menyimpan makanan yang bisa bertahan lama serta air kemasan sehingga anda bisa bertahan sampai minimal 3 hari lamanya sebelum pertolongan datang. Pastikan Anda mengatakan pada anggota keluarga dimana akan bertemu ketika terjadi gempa, buatlah meeting point keluarga jika sampai terpisah.







1 komentar: